Trademark Indonesia: Kelola Bisnis Anda Dengan Baik

Branding tidak kurang dari jiwa bisnis dan inilah alasan mengapa hampir semua perusahaan menghabiskan banyak uang untuk membuat citra merek perusahaan mereka namun ada beberapa contoh ketika ada situasi seperti krisis ketika aspek branding yang luas tidak sampai sasaran.

Ketika hal-hal yang salah terjadi, maka perusahaan memerlukan strategi yang tepat untuk keluar dari kekacauan dan menghindari tenggelamnya citra ‘niat baik’ mereka. Ingat branding bukan hanya tentang skema warna dan logo. Ini mengembangkan identitas untuk bisnis Anda yang mengekspresikan nilai-nilai inti yang digunakan perusahaan Anda. Jadi, memilih respons trademark indonesia terbaik yang sesuai, orang dapat membedakan antara kelangsungan hidup merek dan peningkatan untuk mengembangkan prospek masa depan.

Berikut adalah beberapa tip yang akan membuat branding menjadi tugas yang mudah bagi Anda:

Buka saluran komunikasi Anda

Jika sebuah merek benar-benar salah dan krisisnya parah, satu-satunya pilihan yang sesuai adalah manajemen meminta maaf dan mengungkapkan simpati kepada pihak yang berduka dan menerima tanggung jawab. Menerima tanggung jawab menunjukkan bahwa Anda benar-benar peduli dengan pelanggan setia Anda yang selanjutnya dapat memberikan efek jangka panjang yang positif pada pemulihan merek. Semua berita buruk perlu segera dikomunikasikan. Jadi, selalu lebih baik untuk selalu memperbarui audiens Anda dengan kejadian terbaru, dengan menunjuk juru bicara atas nama perusahaan.

Jelaskan dengan jelas tentang Identitas Anda sendiri

Di saat krisis, orang cenderung bingung tentang apa arti merek Anda dan siapa Anda sebenarnya. Ketika sebuah merek tidak yakin untuk siapa dan untuk apa merek itu, kemungkinan besar pelanggannya juga tidak yakin. Jadi, bayangkan pesan Anda secara instan, dengan demikian meningkatkan kredibilitas Anda yang selanjutnya dapat membantu memulihkan kembali kepercayaan dan loyalitas pelanggan Anda. Ingat resonansi yang buruk dengan audiens Anda dapat merusak nilai pasar Anda juga.

Menjadi Konsisten

Komponen kunci lain dalam menghadapi krisis identitas merek adalah konsistensi. Anda perlu mengetahui nilai dan identitas merek Anda sehingga Anda dapat mematuhinya dengan sangat jujur. Untuk menghindari kebingungan, ada hal-hal kecil yang perlu Anda pertahankan konsisten di seluruh konten Anda seperti pers, media sosial, dan lainnya. Pastikan untuk memperhatikan suara dan nada Anda – Gunakan bahasa tertentu yang familiar dengan audiens Anda. Bersikaplah sederhana dan terus terang kepada audiens target Anda. Anda seharusnya tidak pernah meremehkan nilai audiens Anda. Warna, Font, dan Elemen Desain Lain memainkan peran penting dalam membuat merek Anda populer. Pesan – perjelas, “Bagaimana Anda menyampaikan produk dan layanan Anda? Apa proposisi nilai yang Anda dukung?” Positioning- Ketahuilah bahwa di mana merek Anda berdiri dan nilai-nilainya dalam menjalankan bisnis. Pastikan merek Anda memiliki satu “kepribadian” di semua saluran yang digunakan. Tanyakan pada diri Anda: satu kata apa yang dapat menggambarkan merek Anda, dan bagaimana pelanggan Anda menggambarkannya?

Tetap benar-benar terbuka

Manajemen dapat mengurangi kekuatan tuduhan dengan menyatakan penjelasan yang tepat tentang alasan krisis bersama dengan argumen pendukung yang meremehkan kerusakan yang telah terjadi. Ini dapat dilakukan secara berkala sampai masalah tersebut diselesaikan atau diselesaikan dengan itikad baik atas nama perusahaan.

Membersihkan kabut

Ketika kesalahan bukan pada merek, kurangnya respon krisis oleh perusahaan dapat diartikan sebagai pengakuan. Perusahaan yang diserang harus membela diri dengan penolakan poin demi poin atas tuduhan tersebut. Pergi sepenuhnya dengan percaya diri kepada audiens Anda dan hapus keraguan mereka jika ada. Memenangkan hati mereka dan mengembalikan loyalitas mereka dengan merek.

Belajarlah dari taktik menangani krisis orang lain

Pada saat krisis, bisa jadi perusahaan benar-benar kehabisan ide dan strategi untuk menangani masalah yang sedang dihadapi. Cara paling sederhana untuk mengatasinya adalah dengan melihat apa yang paling penting bagi merek dan pelanggannya dalam situasi serupa. Tindakan apa yang mungkin dan tepat diambil oleh mereka untuk memerangi krisis tersebut? Dengan melakukan ini, Anda akan terhindar dari masalah yang rumit, dan konsumen (mudah-mudahan setia) Anda akan tahu apa yang diharapkan.

Cari bantuan profesional PR

Ingatlah bahwa merek pada dasarnya rentan dan merek Anda dibentuk setiap hari. Ini adalah pertanyaan apakah Anda ingin memengaruhi itu atau tidak. Pada saat krisis, disarankan untuk mencari firma hubungan masyarakat untuk membantu membangun kembali citra perusahaan seolah-olah dibiarkan tidak terkelola, merek Anda bisa rusak. Anda perlu melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam mengelola merek Anda, menceritakan kisah dari sisi Anda.

Tingkatkan ‘hambatan potensial’ Anda sendiri

Kadang-kadang perusahaan harus melihat ke dalam dirinya sendiri dan memeriksa kekurangan mereka sendiri dan mencoba untuk meningkatkan lingkungan kerja mereka saat ini. Jika diperlukan, mereka harus meningkatkan kualitas produk atau layanan mereka agar tetap dapat bersaing karena produk berkualitas buruk dapat menimbulkan kurangnya permintaan di pasar yang dapat memperburuk krisis.

Mengadopsi Teknologi Baru

Pelanggan yang paham teknologi saat ini jauh lebih blak-blakan dalam hal suka dan tidak suka daripada di masa lalu sehingga mengadopsi teknologi baru yang memungkinkan perusahaan menjadi lebih berpusat pada pelanggan sementara pada saat yang sama membantu perusahaan untuk mengoptimalkan pengembalian mereka dan mengelola operasi dengan lebih efektif terutama pada saat Teknologi krisis memainkan peran penting dalam menyampaikan pandangan perusahaan dengan cukup mudah dan transparan. Selain itu, dengan meluasnya penggunaan media sosial, perusahaan dapat mengetahui langsung pendapat pelanggan. Selain itu, pengguna media sosial mempercayai rekan untuk membangun persepsi dan afinitas mereka terhadap merek. Juga mengadopsi teknologi baru membantu dalam pemotongan biaya.

Memelihara Keterlibatan Jangka Panjang

Menciptakan hubungan jangka panjang dengan pelanggan Anda adalah skema jangka panjang, dan memiliki teknologi yang tepat untuk mendukung upaya Anda akan membantu memastikan kesuksesan Anda bahkan selama dan setelah situasi pascakrisis. Jadi sangat disarankan untuk meluangkan waktu untuk mengeksplorasi dan menentukan solusi yang paling sesuai dengan tujuan perusahaan Anda sehingga membantu dalam memberikan hasil yang sesuai pada waktu yang tepat.

Jika Anda serius ingin membangun bisnis yang sukses, Anda berhutang pada diri Anda sendiri untuk serius tentang branding langsung dari awal. Dengan berinvestasi dalam mengembangkan merek yang baik sejak awal, Anda akan terhindar dari krisis identitas merek yang tak terhindarkan di masa mendatang.

 

 

Trademark Indonesia: Kelola Bisnis Anda Dengan Baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top